PENGERTIAN MENGENAI MITOS, LEGENDA, DAN CERITA RAKYAT . BERIKUT CONTOHNYA!



0 comments

1. MITOS
PENGERTIAN MITOS
            Mitos (bahasa yunani : μῦθος– mythos) adalah cerita prosa rakyat yang menceritakan kisah berlatar masa lampau, mengandung penafsiran tentang alam semesta dan keberadaan makhluk di dalamnya, serta dianggap benar-benar terjadi oleh yang empunya cerita atau penganutnya. Dalam pengertian yang lebih luas, mitos dapat mengacu kepada cerita tradisional. Pada umumnya mitos menceritakan terjadinya alam semesta, dunia dan para makhluk penghuninya, bentuk topografi, kisah para makhluk supranatural, dan sebagainya. Mitos dapat timbul sebagai  catatan peristiwa sejarah yang terlalu dilebih-lebihkan, sebagai alegori atau personifikasi bagi fenomena alam, atau sebagai suatu penjelasan suatu ritual. Mereka disebarkan untuk menyampaikan pengalaman religius atau ideal, untuk membentuk model sifat-sifat tertentu, dan sebagai bahan ajaran dalam suatu komunitas.
        Pelaku utama yang diceritakan dalam mitos biasanya adalah para dewa, manusia, dan pahlawan supranatural. Sebagai kisah suci, umumnya mitos didukung oleh penguasa atau imam/pendeta yang sangat erat dengan suatu agama atau ajaran kerohanian. Dalam suatu masyarakat dimana mitos itu disebarkan, biasanya suatu mitos dianggap sebagai kisah yang benar-benar terjadi pada zaman purba. Pada kenyataannya, banyak masyarakat yang memiliki dua kategori kisah tradisional: “kisah nyata” atau mitos, dan “kisah dongeng” atau fabel. Umumnya mitos penciptaan berlatar pada masa awal dunia, saat dunia belum berbentuk seperti sekarang ini, dan menjelaskan bagaimana dunia memperoleh bentuk seperti sekarang ini serta bagaimana tradisi, lembaga dan tabu ditetapkan.
                 •Contoh-contoh Mitos
           begitu banyak contoh-contoh mitos yang ada di dindonesia. karena kita tahu sendiri bahwa memang Mitos sangat berhubungan dengan terjadinya tempat, alam semesta, para dewa, adat istiadat, dan konsep dongen suci. ini adalah beberapa contoh Mitos yang ada di Indonesia.
1. Cerita terjadinya mado-mado atau marga di Nias (Sumatra Utara)
2. Cerita barong di Bali.
3. Cerita pemindahan Gunung Suci Mahameru di India oleh para dewa ke Gunung Semeru yang
    dianggap suci oleh orang Jawa dan Bali.
4. Cerita Nyai Roro Kidul (Ratu Laut Selatan)
5. Cerita Joko Tarub
6. Cerita Dewi Nawangwulan
7. Dan lain sebagainya
Sumber :
 
2. LEGENDA
PENGERTIAN LEGENDA
                  Legenda (bahasa Latin: legere) adalah cerita prosa rakyat yang dianggap oleh yang mempunyai cerita sebagai sesuatu yang benar-benar terjadi. Oleh karena itu, legenda sering kali dianggap sebagai “sejarah” kolektif (folk history). Walaupun demikian, karena tidak tertulis, maka kisah tersebut telah mengalami distorsi, sehingga sering kali jauh berbeda dengan kisah aslinya. Oleh karena itu, jika legenda hendak dipergunakan sebagai bahan untuk merekonstruksi sejarah, maka legenda harus dibersihkan terlebih dahulu bagian-bagiannya dari yang mengandung sifat-sifat folklore.
                Legenda ini merupakan bagian dari cerita rakyat yang serupa dengan mite, dan dianggap benar-benar terjadi tetapi tidak dianggap suci dan oleh yang menceritakan cerita legenda yang benar-benar terjadi. Pendapat Emeis tentang legenda ini mengemukakan legenda merupakan cerita yang benar-benar terjadi, tetapi separuhnya adalah cerita khayalan.
                        Legenda ini mengandung unsur kultur yang beragam dari setiap daerah, dan setiap daerah memilikinya. Biasanya legenda menceritakan tentang keajaiban, kesaktian, dan keistimewaan dari tokoh dalam legenda namun berbeda dengan mite, yaitu legenda yang ditokohi oleh manusia dan biasanya mempunyai sifat-sifat luar biasa dan dihubungkan dengan makhluk ajaib. Legenda ini tidak tertulis, sehingga kisah legenda telah mengalami distorsi dan menyebabkan kisah yang jauh berbeda dengan kisah aslinya.
•Beberapa macam legenda yaitu
1. Legenda Keagamaan
2. Legenda Alam Gaib
3. Legenda Perorangan
4. Legenda Lokal / Setempat
•Contoh cerita legenda yaitu :
1. Roro jonggrang
2. Si pitung
3. Si timun emas
5. Danau Toba
6. Legenda Ki Antak dari Bangka
7. Sangkuriang
 
3. CERITA RAKYAT
PENGERTIAN CERITA RAKYAT
               Cerita Rakyat adalah cerita pada masa lampau yang menjadi ciri khas setiap bangsa yang memiliki kultur budaya yang beraneka ragam mencakup kekayaan budaya dan sejarah yang dimiliki masing-masing bangsa.
      cerita prosa rakyat yang dianggap oleh yang empunya cerita sebagai sesuatu yang benar-benar terjadi. walaupun demikian, karena tidak tertulis, maka kisah tersebut telah mengalami distorsi (pembelokan)
                    sehingga sering kali jauh berbeda dengan kisah aslinya.
      Oleh karena itu, jika legenda hendak dipergunakan sebagai bahan untuk merekonstruksi sejarah, maka legenda harus dibersihkan terlebih dahulu bagian-bagiannya dari yang mengandung sifat-sifat folklor. Menurut Pudentia, legenda adalah cerita yang dipercaya oleh beberapa penduduk setempat benar-benar terjadi, tetapi tidak dianggap suci atau sakral yang juga membedakannya dengan mite.
                   Sayangnya ada sebagian cerita rakyat yang bersifat kontroversial karena dianggap tidak layak untuk anak. Sebut saja Sangkuriang, cerita yang mengisahkan seorang anak jatuh cinta dengan ibunya sendiri Ada beberapa pengertian mengenai arti kata dari Legenda yang dikemukakan oleh
         beberapa ahli.
                  Contoh Cerita Rakyat :
                      •Roro Jonggrang 
                      •Timun Mas
                      •Si Pitung
                      •Legenda Danau Toba
                      •Keong Mas
                      •Malin Kundang
                       dan sebagainya
Sumber :

                  

0 comments:

Post a Comment

newer post older post