Cara Mengatasi Kecanduan Internet



0 comments
4. Terapi-terapi yang tersedia

     Karena gangguan kecanduan Internet merupakan fenomena yang masih relatif baru,hanya ada sedikit penelitian tentang efektivitas dari prosedur perawatan. Beberapa ahlimenyarankan penghentian total dari penggunaan Internet. Ahli lainnya mengatakan bahwaadalah tidak realistis untuk menyarankan pada seseorang untuk berhenti sama sekalimenggunakan Internet.
10
     Banyak dari prosedur perawatan yang telah digunakan untukmenangani kecanduan Internet telah dikembangkan berdasarkan program penanganan terhadapkecanduan lainnya dan kelompok dukungan. Salah satu buku yang membahas tentang kecanduansecara umum adalah karya Edward T. Welch.
     Jika kecanduan Internet yang diderita seseorang memiliki dimensi biologis, maka obat-obatan antidepressant atau anti-kecemasan dapat menolong. Intervensi psikologis mungkinmencakup perubahan lingkungan atau perubahan asosiasi yang telah dibuat oleh Internet, ataumengurangi penguatan yang diterima akibat penggunaan Internet yang berlebihan. Intervensiinterpersonal mungkin terdiri dari pendekatan seperti pelatihan ketrampilan sosial ataupendampingan (coaching) dalam keahlian-keahlian komunikasi. Terapi keluarga dan pernikahanmungkin dapat diterapkan jika pengguna beralih ke Internet sebagai pelarian terhadap masalah-masalah dalam keluarganya.

Sebagai alternative dari menyetop semua aktivitas yang berhubungan dengan Internet,Young (1999) memberikan 7 teknik perawatan yang mungkin dilakukan:

a.Praktekkan kebalikannya (practice the opposite)
b.Penghenti eksternal (External stoppers)
c.Tetapkan goal (Setting goals)
d.Kartu-kartu pengingat (Reminder cards)
e. Inventori personal (Personal inventory)
f.Dukungan sosial (Social support )
g.Terapi keluarga (Family therapy).
Kondisi kambuh (relapse) adalah lumrah untuk siapapun yang berhubungandengan kecanduan Internet. Mengakui dan mengantisipasi kambuh seringkali merupakanbagian dari proses perawatan. Mengidentifikasi situasi-situasi yang menyebabkankecanduan Internet dan menemukan cara-cara untuk menghadapi situasi-situasi ini dapatsangat mengurangi kemungkinan kambuh total

0 comments:

Post a Comment

newer post older post