Rangkuman Softskill Sistem Informasi Psikologi



0 comments
SISTEM INFORMASI PSIKOLOGI

  1. Rangkuman Tugas 1,2 dan 3
Sistem informasi  adalah suatu sistem yang merupakan kombinasi dari komputerisasi dan manusia yang memiliki berbagai tujuan tertentu. Beberapa tujuan tersebut diantaranya untuk menata jaringan komunikasi, mengolah, menyimpan data secara terorganisir dan menghasilkan informasi bagi penggunanya.  Selain itu dapat mempermudah manusia dalam menjalani kehidupan khususnya dalam teknologi.selain itu
Sistem Informasi Psikologi adalah suatu sistem atau tata cara yang merupakan kombinasi dari manusia, fasilitas atau alat teknologi, media, prosedur dan pengendalian yang dimaksudkan untuk mengumpulkan, mengolah, dan menyimpan data mengenai perilaku terlihat maupun tidak terlihat secara langsung serta proses mental yang terjadi pada manusia sehingga data tersebut dapat diubah menjadi informasi yang dapat digunakan untuk tujuan tertentu seperti tujuan penelitian. contohnya skoring pada tes papikostik. Kemudian Sistem Informasi Berbasis Komputer atau Computer Based Information System (CBIS) merupakan suatu sistem pengolah data menjadi sebuah informasi yang berkualitas dan dipergunakan untuk suatu alat bantu pengambilan keputusan. 

Terdapat beberapa Sistem Informasi Berbasis Komputer yang digunakan, dua di antaranya yaitu, Sistem Pakar dan Sistem Pengambilan Keputusan.
·  Sistem Pakar
Sistem pakar atau Expert System (ES) adalah sebuah sistem informasi yang memiliki intelegensia buatan (Artificial Intelegent) yang menyerupai intelegensia manusia. Sistem pakar bertujuan untuk menyediakan dukungan pemecahan masalah tingkat tinggi untuk pemakai dengan cara yang efektif.
·  Sistem Pengambilan Keputusan
Sistem Pengambilan Keputusan atau Decision Support System (DSS) adalah bagian dari sistem informasi berbasis komputer yang dipakai untuk mendukung pengambilan keputusan dalam suatu organisasi atau perusahaan.
Arsitektur komputer adalah konsep perencanaan dan struktur pengoperasian dasar dari suatu sistem komputer. Arsitektur komputer ini merupakan rencana cetak-biru dan deskripsi fungsional dari kebutuhan bagian perangkat keras yang didesain (kecepatan proses dan sistem interkoneksinya). Dalam hal ini, implementasi perencanaan dari masing–masing bagian akan lebih difokuskan terutama, mengenai bagaimana CPU akan bekerja, dan mengenai cara pengaksesan data dan alamat dari dan ke memori cacheRAMROMcakram keras. Terdapat tingkatan dasar arsitektur computer yaitu Tingkatan Dasar Arsitektur KomputerPada tingkatan ini Hardware sebagai tingkatan komputer yang paling bawah dan paling dasar, dimana pada hardware ini “layer” software ditambahkan. Software tersebut berada di atas hardware, menggunakannya dan mengontrolnya. Hardarwe ini mendukung software dengan memberikan atau menyediakan operasi yang diperlukan software dan multilayerd machine dimana tingkatan dasar arsitektur komputer kemudian dikembangkan dengan memandang sistem komputer keseluruhan sebagai “multilayered machine” yang terdiri dari beberapa layer software di atas beberapa layer hardware yaitu seperti CPU yang terdiri dari (primary storage, control unit, aritmatika dan logical unit), unit input untuk memasukkan data ke dalam primary storage, secondary storage untuk menyediakan tempat untuk menyimpan program dan data saat tidak digunakan dan unit output untuk mencatat hasil pengolahan.
Lalu kemudian ada Artificial intelligence adalah salah satu bagian ilmu komputer yang membuat agar mesin (komputer) dapat melakukan pekerjaan seperti dan sebaik yang dilakukan oleh manusia. Kecerdasan buatan juga merupakan suatu sistem informasi yang berhubungan dengan penangkapan, pemodelan dan penyimpanan kecerdasan manusia dalam sebuah sistem teknologi informasi sehingga sistem tersebut memiliki kecerdasan seperti yang dimiliki manusia. merupakan suatu sistem yang membuat mesin secerdas manusia. Untuk itu, sistem ini harus berpedoman pada sistem kognisi manusia, yaitu cara berfikir manusia, cara manusia bernalar, mengenali suatu stimulus, memecahkan masalah, mengingat, dan mengambil keputusan serta merespon dan bertindak. Tujuan kecerdasan buatan adalah untuk membuat mesin menjadi lebih pintar (tujuan utama), untuk memahami apa itu kecerdasan (tujuan ilmiah) dan untuk membuat mesin lebih bermanfaat (tujuan entrepreneurial). Contoh dari program kecerdasan buatan adalah logic theorist, sad sam, eliza, dan chatbot. 

 2.  Contoh imajinasi  mengenai AI dalam bidang psikologi

Membuat aplikasi khusus untuk program diet dimana di dalam aplikasi tersebut tersedia kalkulator BMI untuk mengecek berat bada ideal berdasarkan umur, jenis kelamin, tinggi badan dan berat badan sekarang, sekaligus terdapat program schedule program diet berdasarkan berat badan serta terdapat menu dan resep diet yang disediakan untuk memudahkan menjalankanya, lalu terdapat juga metode olah raga nya yang disediakan berdasarkan jenis olah raga dan kalori yang terbakar yang disertai dengan instruksi berupa video.

0 comments:

Post a Comment

older post