IBD Konsepsi Ilmu Budaya Dasar dan Kesusastraan



0 comments


Ilmu Budaya Dasar 
Secara sederhana Ilmu Budaya Dasar adalah pengetahuan yang di harapkan dapat memberikan pengetahun dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji masalah-masalah manusi dan kebudayaan.
Istilah Ilmu Budaya Dasar dikembangkan di Indonesia sebagai pengganti istilah Basic Humanitiesm yang berasal dari istilah bahasa Inggris “The Humanities”. Adapun istilah Humanities itu sendiri berasal dari bahasa latin humanus yang bia diartikan manusia,berbudaya dan halus. Dengan mempelajari the humanities diandaikan seseorang akan bisa menjadi lebih manusiawi, lebih berbudaya dan lebih halus.

Kesusastraan 

Kesusastraan dapat kita artikan sebagai sebuah tulisan, ataupun sebuah karya yang memiliki arti dan suatu keindahan sendiri. Biasa'nya kita itu akrab'nya bukan dengan kata kesusastraan, melainkan dengan kata satra. Kata "sastra" itu berasal dari kata kata serapan yang berasal dari kata sansekerta, yang dapat di artikan sebagai  "suatu teks yang mengandung suatu intruksi ataupun mengandung suatu pedoman. Kata "sas" itu arti'nya suatu instruksi atau suatu ajaran. Ada beberapa kategori-kategori yang di miliki oleh Sastra, diantara'nya ada, Novel, Cerpen, Syair, Pantun, Drama, Lukisan/Kaligrafi. mengenai kategori-kategori yang dimiliki oleh Sastra itu sendiri seperti :
  • Novel yaitu sebuah karya fiksi prosa
  • Cerpen yaitu merupakan singkatan dari cerita pendek.yang berisi cerita pendek.
  • Syair itu termasuk dalam golongan puisi lama.
  • Pantun ternyata juga massih dalam golongan puisi lama,biasanya digunakan untuk lawakan.
  •  Drama yaitu merupaka karya sastra yg berbentuk peran di dalamnya.
  • Lukisan yaitu merupakan karya sastra yg bersifat abstrak.
  • Kligrafi itu biasa'nya di tuliskan dalam bahasa arab yang memiliki arti tertentu.  




Kaitan Ilmu Budaya Dasar Dan Kesusastraan

Ilmu Budaya Dasar ini sendiri merupakan suatu pembelajaran dalam kehidupan yang dimana dimulai dari hal dasar yang berbudaya yang merujuk kepada tindakan yang baik dan benar , berkaitan dengan hal tersebut manusia membutuhkan interaksi yang baik yang kita ketahui sebagai bahasa, bahasa yang baik merupakan awal dari interaksi yang benar dan terarah , karena bahasa ini sendiri merupakan unsur dari suatu kesusastraan.

                            

Kesimpulan          

ilmu budaya dasar dan kesusastraan hubungannya sangat erat, ilmu budaya dasar ini sendiri mengkaji permasalahan-permasalahan yang ada disekitar manusia yang dimana kesusastraan atau sastra itu sendiri merupakan hal yang ada dan menjadi kebiasaan dalam diri manusia ,seperti bahasa dan seni , maka dari itu mempelajari kesusastraan sangat penting karena untuk menjalin hubungan komunikasi yang baik 

0 comments:

Post a Comment

newer post older post