Pendapat Fromm



0 comments
Tugas ke 1
Astri Indrawati
2PA16
11513455

Pendapat Fromm

Kodrat Kepribadian yang Sehat
            Fromm menyebut kepribadian yang sehat dengan orientasi produktif,yakni suatu konsep yang penggunannya sangat penuh atau realisasi dari potensi manusia. Ada 4 segi tambahan  dari orientasi produktif.

1. Cinta yang produktif adalah suatu hubungan manusia yang bebas dimana mereka dapat mempertahankan individualitas mereka.

2. Pikiran yang produktif meliputi keceerdasan, pertimbangan dan objektivitas.

3. Kebahagiaan merupakan suatu bagian integral dan hasil kehidupan yang berkaitan dengan orientasi produktif. Dengan kebahagiaan orang memiliki sehat mental maupun sehat fisik.

4. Suara hati, terbagi menjadi 2 yaitu suara hati otoriter dan humanistis. Suara hati otoriter adalah penguasa dari ular yang diinternalisasikan, yang memimpin tingkah laku individu tersebut. Sedangkan suara hati humanistis adalah suara dari diri sendiri. Pedoman kepribadian sehat untuk tingkah laku bersifat individual dan internal. Jadi, individu yang memiliki kepribadian sehat dapat memimpin dan mengatur diri sendiri.

Konsep Penyesuaian Diri

            Secara garis besar penyesuaian diri dapat dipahami sebagai adjustment dan adaptasi. Adjusment adalah penyesuaian diri dimana lingkungan diubah supaya lebih sesuai dengan kondisi individu. Sedangkan, adaptasi adalah individu mengubah dirinya sehingga lebih sesuai dengan lingkungan.

            Individu bisa mengalami kondisi maladjusted, ketika mengalami tekanan dalam hidup dan masih dalam proses melakukan penyesuaian. Namun bila individu tidak mampu mengatasi keadaan menekan tersebut secara konstruktif, akhirnya dia akan mengalami abnomalitas.

            Ada beberapa ciri penyesuaian diri yang efektif, yaitu :

1.Memiliki persepsi yang akurat terhadap realitas

2. Kemampuan untuk beradaptasi dengan tekanan atau stress dan kecemasan

3. Mempunyai gambaran diri yang positif tentang dirinya

4. Kemampuan untuk mengekspresikan perasaannya

5. Relasi interpersonal baik

Individu yang mampu memenuhi ciri-ciri tersebut dapat digolongkan sebagai individu yang memiliki kesehatan mental yang positif.

Sumber :

Schultz, Duane. 1991. Psikologi Pertumbuhan. Yogyakarta : KanisiusSemiun,

Siswanto. S. Psi. Msi. 2007. Kesehatan Mental, Konsep, Cakupan dan Perkembangan. Yogyakarta : Penerbit Andi.

staff.uny.ac.id/sites/default/files/pendidikan/…./kesehatan–mental.pdf‎

ejournal.stainpurwokerto.ac.id/index.php/komunika/article/…/43/43

0 comments:

Post a Comment

newer post older post